Seme Framework versi 4.0.0

Dokumentasi dalam Bahasa Indonesia

version build status version

Ini adalah dokumentasi resmi untuk Seme Framework, PHP MVC Framework untuk membuat aplikasi berbasis web yang cepat. Cocok untuk membuat aplikasi yang kecil sampai menengah.

Pada versi pertama Seme Framework digunakan untuk membangun API (Middleware) untuk Aplikasi lain seperti aplikasi berbasis android, iOS, dll.

Sekarang ini Seme Framework sudah dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web seutuhnya.

Kenapa harus Seme Framework?

Seme Framework cocok untuk programmer PHP yang mengerti cara koding secara Manual.

Tidak seperti framework jaman now yang serba otomatis, Seme Framework masih mempertahankan cara tradisional dalam hal membuat aplikasi berbasis web secara mendasar.

Kenapa harus membutuhkan banyak library, sementara hanya ingin membuat aplikasi sederhana? Seme Framework merupakan PHP MVC dengan kode minimalis hadir sebagai solusi untuk pertanyaan tersebut.

Fitur Utama

Berikut ini adalah 3 poin fitur utama Seme Framework:


Kecil tapi tidak terlalu kecil. Seme Framework tumbuh dalam industri UKM yang membutuhkan berbagai kebutuhan yang dapat menekan harga hosting (server).
Tidak terlalu serius. Seme Framework membebaskan programmer untuk bermain dan bereksplorasi secara bebas dengan menggunakan logika yang ada. Seme Framework gratis dan hampir tidak ada batasan dalam pengembangannya.
Ramah Admin. Seme Framework sangat ramah dalam pembuatan halaman khusus untuk admin, karena memiliki rute khusus tanpa harus merubah kode MVC-nya.
Tampilan Tematik. Seme Framework memiliki fitur yang dapat mengisi langsung kedalam layout tampilan. Programmer bebas untuk mengatur gaya maupun tema tanpa merubah tema yang ada.

Sekilas tentang MVC

MVC atau Model View Controller merupakan suatu metode pembangunan perangkat lunak yang memisahkan logika aplikasi menjadi beberapa bagian yang dasarkan pada fungsi suatu bagian tertentu.

Apa itu Model?

Model merupakan bagian kode khusus yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dari kode yang kita bangun terhadap database. Adapun isi dari model ini biasanya, untuk menarik data, menyimpan data, dan menghapus data dari database.

Apa itu View?

View merupakan kumpulan kode yang khusus digunakan untuk mengeluarkan tampilan. Biasanya pada view ini berisi HTML, JavaScript, CSS, dan sedikit PHP yang hanya digunakan untuk mengeluarkan datanya saja.

Apa itu Controller?

Controller merupakan kode yang berisi sebagai jembatan dari Model & View. Pada bagian ini biasanya berisikan kode PHP beserta logika didalamnya. Controller juga bisa diartikan sebagai identitas dari HTTP Request untuk sebuah halaman web.

Dengan pemecahan kode berdasarkan metode MVC, diharapkan pembangunan aplikasi dapat lebih jelas dan sederhana sehingga lebih mudah untuk dikembangkan dan dikelola dari sisi kode maupun sisi alur proses.



Lisensi

Seme Framework menggunakan lisensi MIT versi 2.0.


Pertanyaan dan Jawaban

Jika bingung, ada bug, atau request fitur jang sungkan untuk menghubungi saya melalui instagram, facebook, atau buat isu permasalahan baru melalui github.